Sabtu, 12-03-2011 
Pentingnya Teknologi Informasi untuk kesinambungan bisnis
 
Usaha kecil dan menengah umumnya menyadari pentingnya melakukan backup yang tepat, baik itu pengarsipan email atau membuat salinan database mereka. Backup merupakan point penting untuk melakukan backup dari sisi klien atau server aplikasi, yang merupakan aspek yang kerap terlewat pada sistem backup.

 
Namun, semua kerja yang dilakukan untuk memastikan bahwa data dan perangkat lunak telah ter-backup dengan tepat dan disimpan di tempat yang benar-benar aman hanya akan menjamin kemampuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk pulih dari bencana. Apakah bentuk pemulihan bencana (disaster recovery) yang tidak selalu berkaitan dengan bagaimana suatu organisasi dapat dengan cepat pulih dan kembali ke modus bisnis seperti biasa?

Tentu saja, professional dan manajer TI akan lebih berhati-hati untuk mengkloning hard disk images dari sistem server untuk menjamin kemampuan dan memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik, terlebih ketika terjadi bencana. Namun, hasil kloning dari logam hard disk beberapa tahun yang lalu mungkin saja tidak dapat berjalan di mesin baru, salah satu di antara masalah lain yang mungkin muncul. Dan di tengah ketiadaanya prosedur yang mapan/kokoh, kesinambungan bisnis adalah area yang sering diabaikan oleh UKM.

Perusahaan yang mengalami kebakaran atau gempa bumi, misalnya, ingin kegiatan operasional berjalan secepat mungkin. Organisasi yang tidak siap terhadap kelangsungan bisnis akan dengan cepat akan menyadari bahwa perintah pengadaan server baru biasanya harus memakan waktu beberapa hari untuk dipenuhi. Tergantung pada persyaratan, beberapa hari kemudian dapat dilakukan instalasi ulang dan konfigurasi perangkat lunak yang diperlukan, setelah restorasi backup data dan testing berlangsung.

Jadi, apa sajakah aspek-aspek kesinambungan bisnis yang perlu kita lihat lebih dalam? Berikut adalah daftar singkat dari hal-hal paling penting untuk dipertimbangkan:

* Akses ke sistem komputer, misalnya CMS, ERP, Intranet, dll.
* Akses internet
* Akses ke e-mail
* Ketersediaan situs web

Prioritas sebenarnya dari daftar di atas untuk organisasi Anda, tentu saja akan bervariasi dari perusahaan ke perusahaan. Juga, jangan merasa sungkan untuk menulis kepada kami jika Anda merasa bahwa daftar di atas perlu dikembangkan.

(Sumber: http://www.maestroglobal.info/pentingnya-teknologi-informasi-untuk-kesinambungan-bisnis/)
 

Komentar:

 
 
   
 
 
Plus Minus Windows 8

Daftar 17 Teknologi Akan Memudar di 2012

Sulap Akun Fb jadi Sarana Promosi Diri

10 Kisah Terbesar Dunia Teknologi di 2011

5 Jurus Menangkal Rayuan Virus di Chat Facebook

5 Kiat Aman Belanja Online

10 Teknologi Strategis untuk 2011

 
Inilah Nutrisi Otak Terbaik

6 Makanan yang Memutihkan Gigi

Makanan Wajib Untuk Perut Rata dan Tulang Kuat

Membangkitkan Semangat Hidup

Belajar Dari Pengalaman

Hikmah: Pendidikan Karakter

Panduan Nama Anak/Bayi Dalam Islam Abu Umair

 
 
 

Graphic :

CorelDraw, Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks, Macromedia Freehand.

Web & Animation
Macromedia Dreamweaver (HTML) Macromedia Flash, 3D Studio

Video & Sound :
Adobe Premiere, Macromedia Director, Ulead Studio, Vegas, After Effect, Cooledit.

Networking & Hardware :
WindowsNT/2000 & Linux

Engineering :
Autocad, Sap2000, Ms. Project, Mapinfo (G I S )

Programming :
PHP & Mysql