Rabu, 13-04-2011 
10 Teknologi Strategis untuk 2011
 
Gartner mendefinisikan teknologi strategis sebagai sesuatu yang berpotensi menghasilkan dampak signifikan terhadap perusahaan dalam tiga tahun ke depan.
 
Faktor-faktor yang menunjukkan dampak signifikan tersebut termasuk potensi yang tinggi terhadap gangguan IT atau bisnis, kebutuhan untuk investasi dolar yang besar, atau risiko keterlambatan mengadopsi. Sebuah teknologi strategis mungkin merupakan teknologi yang ada yang telah jatuh tempo dan / atau menjadi cocok untuk penggunaan yang lebih luas. Ini juga mungkin sebuah teknologi baru yang menawarkan kesempatan untuk keuntungan bisnis strategis bagi pengadopsi awal atau dengan potensi gangguan pasar yang signifikan dalam lima tahun ke depan. Dengan demikian, teknologi ini berdampak pada rencana, program dan inisiatif organisasi jangka panjang.

1. Cloud Computing

Layanan komputasi awan ada di sepanjang spektrum mulai dari open public sampai ke closed private. Tiga tahun ke depan, pendekatan layanan komputasi awan ada di antara dua ekstrem. Vendor akan menawarkan paket implementasi private cloud yang memberikan teknologi layanan public cloud vendor (perangkat lunak dan / atau hardware) dan metodologi (yaitu, praktik terbaik untuk membangun dan menjalankan layanan) dalam bentuk yang dapat diimplementasikan di dalam perusahaan konsumen. Banyak juga yang akan menawarkan jasa manajemen untuk mengatur penyelenggaraan layanan komputasi awan secara remote.

2. Mobile Applications and Media Tablets

Perangkat mobile menjadi komputer dengan jumlah kemampuan pengolahan dan bandwidth yang luar biasa. Sudah ada ratusan ribu aplikasi untuk platform seperti Apple iPhone, meskipun pasar yang terbatas (hanya untuk satu platform) dan kebutuhan coding yang unik. Kualitas pengalaman aplikasi pada perangkat ini, yang dapat menerapkan lokasi, gerak dan konteks lainnya dalam perilaku mereka, memimpin pelanggan untuk berinteraksi secara istimewa dengan perusahaan melalui perangkat mobile.

3. Social Communications and Collaboration

Media sosial dapat dibagi menjadi: (1) Jejaring sosial produk sosial manajemen profil seperti MySpace, Facebook, LinkedIn dan Friendster serta teknologi analisis jaringan sosial (SNA) yang menggunakan algoritma untuk memahami dan memanfaatkan hubungan manusia untuk penemuan orang dan keahlian. (2) Kolaborasi sosial teknologi, seperti wiki, blog, instant messaging, collaborative office, dan crowdsourcing. (3) Sosial publishing teknologi yang membantu masyarakat dalam penyatuan konten individual ke dalam konten yang dapat digunakan dan diakses masyarakat repositori seperti YouTube dan flickr. (4) Umpan balik sosial mendapatkan umpan balik dan pendapat dari masyarakat pada item tertentu seperti yang disaksikan di YouTube, flickr, Digg, Del.icio.us, dan Amazon.

4. Video

Video bukan bentuk media baru, tetapi penggunaannya sebagai jenis media standar yang digunakan pada perusahaan non-media berkembang dengan cepat. Tren teknologi dalam fotografi digital, elektronik, Web, perangkat lunak sosial, komunikasi terpadu, digital dan televisi berbasis internet serta mobile computing mencapai titik kritis yang membawa video ke arus utama.

5. Next Generation Analytics

Meningkatkan kemampuan menghitung komputer, termasuk perangkat mobile, dan peningkatan konektivitas, yang memungkinkan pergeseran dalam cara bisnis mendukung keputusan operasional.

6. Sosial Analytics

Analisis sosial merupakan istilah umum yang mencakup sejumlah teknik analisis khusus seperti penyaringan sosial, analisis jejaring sosial, analisis sentimen dan analisis sosial-media. Alat analisis jaringan sosial ini berguna untuk memeriksa struktur sosial dan ketergantungan serta pola kerja individu, kelompok atau organisasi. Analisis jaringan sosial melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber, mengidentifikasi hubungan dan mengevaluasi dampak, kualitas atau efektivitas suatu hubungan.

7. Context-aware Computing

Komputasi Context-aware terpusat pada konsep menggunakan informasi tentang pengguna akhir atau lingkungan obyek, aktivitas, koneksi pusat, dan preferensi untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan pengguna akhir. End user dapat menjadi pelanggan, mitra bisnis atau karyawan. Sebuah sistem kontekstual yang mengantisipasi kebutuhan pengguna dan secara proaktif menyajikan konten yang paling tepat dan disesuaikan dengan produk atau jasa.

8. Storage Class Memory

Penggunaan memori flash dalam perangkat konsumen, peralatan hiburan dan embedded system TI lainnya semakin besar. Hal ini menawarkan lapisan baru dari hirarki penyimpanan di server dan komputer klien yang memiliki kelebihan utama ruang, panas, kinerja dan kekasaran di antara mereka. Tidak seperti RAM, memori utama di server dan PC, memori flash teguh bahkan ketika daya dihilangkan.

9. Ubiquitous Computing

Karya Mark Weiser dan peneliti lainnya di Xerox PARC melukiskan gambaran datangnya gelombang ketiga dari komputasi di mana komputer yang tak terlihat tertanam ke dalam dunia. Hal ini memberikan kita petunjuk penting tentang apa yang akan terjadi dengan perkembang-biakan perangkat pribadi, pengaruh konsumerisasi dalam keputusan TI, dan kemampuan yang diperlukan didorong oleh tekanan inflasi yang pesat dalam jumlah komputer untuk setiap orang.

10. Fabric-based Infrastructure and Computer

Fabric-based computer adalah bentuk modular komputasi dimana sistem dapat dikumpulkan dari modul building-block terpisah yang terhubung melalui fabric atau backplane yang diaktifkan. Model abstrak sumber daya fisik fabric-based infrastructure (FBI) core prosesor, bandwidth jaringan dan link dan penyimpanan ke dalam kolam sumber daya yang dikelola oleh Fabric Pool Resource Manager (FRPM), fungsionalitas perangkat lunak.

(Sumber: http://www.maestroglobal.info/10-teknologi-strategis-untuk-2011/)
 

Komentar:

 
 
   
 
 
Plus Minus Windows 8

Daftar 17 Teknologi Akan Memudar di 2012

Sulap Akun Fb jadi Sarana Promosi Diri

10 Kisah Terbesar Dunia Teknologi di 2011

5 Jurus Menangkal Rayuan Virus di Chat Facebook

5 Kiat Aman Belanja Online

10 Teknologi Strategis untuk 2011

 
Inilah Nutrisi Otak Terbaik

6 Makanan yang Memutihkan Gigi

Makanan Wajib Untuk Perut Rata dan Tulang Kuat

Membangkitkan Semangat Hidup

Belajar Dari Pengalaman

Hikmah: Pendidikan Karakter

Panduan Nama Anak/Bayi Dalam Islam Abu Umair

 
 
 

Graphic :

CorelDraw, Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks, Macromedia Freehand.

Web & Animation
Macromedia Dreamweaver (HTML) Macromedia Flash, 3D Studio

Video & Sound :
Adobe Premiere, Macromedia Director, Ulead Studio, Vegas, After Effect, Cooledit.

Networking & Hardware :
WindowsNT/2000 & Linux

Engineering :
Autocad, Sap2000, Ms. Project, Mapinfo (G I S )

Programming :
PHP & Mysql